Aktivis Buruh Berduka, Tokoh Buruh Indonesia Muchtar Pakpahan Meninggal

Senin, 22 Maret 2021 14:37
Belum ada gambar

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyampaikan duka cita atas meninggalnya tokoh buruh In...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Tokoh buruh Indonesia, Muchtar Pakpahan meninggal dunia pada Minggu (21/3) malam. Kabar tersebut terkonfirmasi kebenarannya melalui laman Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Senin (22/3).

“Dunia aktivis gerakan serikat buruh mengalami duka mendalam. Pada Minggu, 21 Maret 2021, Prof Dr Muchtar Pakpahan SH. MA meninggal dunia,” tulis berdasarkan keterangan resmi KSBSI.

Sosok yang dikenal sebagai tokoh aktivis pergerakan buruh di Indonesia menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Jakarta, pada Minggu (21/3) pukul 22.30 WIB. Muchtar Pakpahan lahir pada 21 Desember 1953.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyampaikan duka cita atas kepulangan Muchtar Pakpahan. Di mata para buruh, Muchtar Pakpahan merupakan tokoh yang peduli kaum buruh dan rakyat kecil.

Berdasarkan laman tersebut, seminggu sebelum meninggal, kondisi kesehatannya semakin menurun drastis, hingga akhirnya menghembuskan napas terakhir. Muchtar sempat memberikan kabar kepada pengurus dan anggotanya di Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) melalui pesan WhatsApp.

Dalam pesan itu beliau mengatakan fisiknya hanya tidur, tidak bisa duduk, tidak bisa berdiri dan tidak bisa jalan. Kondisi fisik melemah tersebut terjadi mulai Kamis, 22 Januari 2021.

“Pinggang terasa sakit dan 4 kali ke dokter. Sabtu (19/3) dilakukan MRI di RS Premier. Hasilnya besok Senin pukul 08.00. Mohon doa kawan-kawan, semoga penyakitnya ditemukan, dan dapat diterapi. Terima kasih,” tulisnya almarhum.

Bagikan berita ini:
6
8
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar