Tersangka Kasus Kerumunan Demo di Balaikota Balaikota Makassar Tidak Ditahan

Senin, 22 Maret 2021 21:01

Massa AUHM Makassar saat demo di Balaikota Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Lelaki berinisial ZL ditetapkan tersangka, dalam kasus kerumunan yang pernah terjadi di halaman Kantor Balaikota Makassar, pada Kamis (11/2/2021) lalu.

Meski telah berstatus demikian, penanggung jawab aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh massa dari Asosiasi Usaha Hiburan Malam (AUHM) itu, tidak dilakukan penahanan di Polrestabes Makassar.

Alasannya, penyidik menilai masa penahanan penanggung jawab dalam aksi yang dirangkai dengan tarian dan musik saat itu, di bawah lima tahun penjara. ZL pun hanya wajib lapor.

Namun dengan catatan, tersangka ZL tidak boleh sembunyi, melarikan diri, atau sampai menghilangkan bukti atas peristiwa kerumunan yang terjadi di halaman kantor Balaikota Makassar saat itu.

“Kalau soal ditahan, tidak. Namun kasusnya tetap akan berjalan. Dipastikan akan terus proses sidik,” kata Kasubbag Humas Polrestabes Makassar, Kompol Edhy Supriadi Idrus, Senin (22/3/2021).

“Untuk kerumunan pada demo di balaikota, itu sudah naik tahap penyidikan. Tersangkanya hanya ada satu orang berinisial ZL dan sekarang masih dalam tahap perampungan berkas,” sambung perwira polisi satu melati ini.

Diketahui, aksi unjuk rasa tersebut merupakan buntut pembatasan jam malam saat itu, yang hanya dibolehkan beroperasi sampai pukul 22.00 WITA saja. Hal itu pun membuat pekerja THM merugikan dan kesulitan ekonomi.

“Ini temuan, tidak ada laporan, saya tegaskan. Temuan hasil koordinasi dengan satgas Covid-19. Aksinya juga tak ada izin keramaian,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Agus Khaerul. (Ishak/fajar)

Bagikan berita ini:
5
6
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar