Akhirnya Majelis Hakim Setujui Sidang HRS Digelar Offline

Selasa, 23 Maret 2021 18:02

FOTO : Issak Ramdhani / Fajar Indonesia Network

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Polemik pelaksanaan sidang perkara pelanggaran protokol kesehatan atau Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan dengan terdakwa Habib Rizieq Shihab (HRS) akhirnya menemui penyelesaian.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur akhirnya mengabulkan permohonan HRS agar sidang digelar secara offline atau langsung di ruang sidang.

Hal itu disampaikan saat sidang lanjutan dengan agenda nota keberatan atau eksepsi pada Selasa (23/3/2021).

“Menetapkan, mengabulkan permohonan pemohon dan mencabut tentang penetapan sidang secara online. Memerintahkan penuntut umum hadirkan dalam persidangan pada setiap hari,” kata Ketua Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur saat sidang online.

Tak hanya itu, majelis hakim juga memerintahkan jaksa penuntut umum agar salinan ini segera disampaikan kepada terdakwa, keluarga terdakwa, penasehat hukum serta rumah tahanan negara.

Di samping itu, hakim mengingatkan agar mematuhi apa yang telah ditetapkan untuk sidang digelar secara offline. “Apabila pemohon melanggar, maka penetapan ini ditinjau kembali,” ujarnya.

Namun demikian, hakim kembali mengingatkan agar protokol kesehatan tetap dijaga dan dipatuhi.

Untuk jumlah jaksa dan penasehat hukum, hakim mengatakan batas maksimal didalam ruangan hanya tujuh orang. Teknisnya, bisa bergantian nanti saat persidangan.

“Jadi untuk memperlancar sidang ini, selanjutnya sidang ditunda hari Jumat, 26 Maret 2021, jam 9.30 kita mulai persidangan. Terdakwa kembali ke tahanan, sidang ditutup,” jelasnya.

Komentar