Prof Jimly Asshiddiqie Soal Sidang HRS: Percayakan Saja ke Majelis Hakim

Selasa, 23 Maret 2021 18:51

Prof Jimly Asshiddiqie

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Prof Jimly Asshiddiqie ikut bersuara terkait polemik sidang pelanggaran protokol kesehatan atau Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan dengan terdakwa Habib Rizieq Shihab (HRS).

Prof Jimly meminta masyarakat, terutama pendukung HRS untuk mempercayai hakim yang menangani kasus yang membelit mantan imam besar FPI itu.

“Pokoknya, percayakan saja lah kepada majelis hakim yang menangani perkara HRS sesuai prinsip “ius curia novit”, para hakim lebih tahu dari kita yang tidak menangani perkara tersebut,” tulis Prof Jimly di akun Twitternya, Selasa (23/3/2021).

Senator DPD RI itu meminta jika vonis telah diputuskan hakim. Kubu yang tak terima bisa melakukan banding hingga kasasi.

“Pada saatnya akan ada vonis yang diputus, kalau belum puas bisa banding & kasasi. Kita yang diluar tidak usah ikut campur,” jelas Jimly Asshiddiqie.

Soal permintaan HRS untuk dilakukan sidang offline, guru besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia itu mengatakan hal tersebut bisa dipertimbangkan oleh majelis hakim.

“Sangat beralasan untuk dipertimbangkan oleh majelis hakim. Malah jika tdk direspons, justru dapat menimbulkan kecurigaan bahwa majelis hakim sudah berpihak kepada kepentingan pihak penuntut dan untuk kepentingan aparat keamanan,” sebutnya.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur akhirnya mengabulkan permohonan HRS agar sidang digelar secara offline atau langsung di ruang sidang.

Komentar