Tanggapi Kasus Rasis Patrich Wanggai, PSM Surati PSSI

Selasa, 23 Maret 2021 09:32

PSM

FAJAR.CO.ID, MALANG – Patrich Wanggai menjadi pemain yang menjadi pusat perhatian pada laga lanjutan piala Menpora 2021, Senin (23/3/2021) kemarin. Sebiji golnya mampu membuat Persija Jakarta bertekuk lutut dengan skuat lokal PSM Makassar 0-2.

Namun, beberapa saat setelah pertandingan, akun Instagram Patrich Wanggai mendapatkan komentar ejekan dengan berbau rasis. Penyerangan secara pribadi ini langsung ditanggapi manajemen PSM Makassar.

PSM Makassar bahkan sudah mengeluarkan surat pernyataan sikap yang ditujukan kepada PSSI. Surat bernomor 010/PSM-ADM/III/2021 itu ditandatangani langsung oleh CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin .

Dalam surat tersebut PSM mengecam tindakan rasial yang masih terjadi di sepakbola Indonesia. Laga yang menyedot animo publik tersebut harus tercoreng dengan tindakan rasial warganet yang menyerang pribadi pemain PSM.

“Suka cita kami yang seharusnya juga menjadi kebahagiaan seluruh pecinta sepak bola karena turnamen ini adalah permulaan yang baik bagi perkembangan sepakbola Indonesia yang setahun lebih tak berdenyut dikarenakan pandemi menjadi tercoreng dengan tindakan segelintir orang yang ‘menyerang’ secara pribadi pemain kami Patrich Wanggai (akun instagram @wanggaipatrich), dengan komentar bernada kasar, mengejek dan rasis,” tulis Appi sapaan akrabnya.

Appi menyebut tindakan tersebut tidak dapat diterima oleh akal sehat manusia, sebab pelaku sepakbola harus mengedepankan sopan santun dan menghargai sesama manusia.

“Tindakan tersebut tak dapat diterima oleh akal sehat juga merendahkan martabat kita semua, pelaku sepakbola Indonesia tanpa terkecuali dan tentu saja tidak berada dalam koridor kesopanan dan jauh dari kesan saling menghargai sesama manusia,” lanjutnya.

Bagikan berita ini:
3
10
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar