Wirjawan Penerima Vaksin Tertua di Indonesia, Berusia 104 Tahun

Rabu, 24 Maret 2021 20:18

Wirjawan Hardjamulia, kakek berusia 104 tahun yang menjadi penerima vaksin Covid-19 tertua di Indonesia. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Proses vaksinasi Covid-19 yang tengah berjalan di Indonesia sudah terbukti aman untuk kalangan lansia. Wirjawan Hardjamulia mungkin cocok dijadikan contoh konkrit bahwa vaksin Covid-19 tidak berbahaya untuk orang tua.

Wirjawan yang tercatat sebagai warga Sukasari, Bogor, Jawa Barat tersebut saat ini sudah berusia 104 tahun. Menerima vaksin di Rumah Sakit Vania, Kota Bogor pada 23 Maret kemarin, lansia kelahiran 10 Desember 1916 itu resmi menjadi penerima vaksin Covid-19 tertua di Indonesia.

Dari rekaman video yang dibagian pihak rumah sakit di Instagram, Wirjawan tampak santai menjalani proses vaksinasi. Tidak ada keraguan atau rasa takut sepanjang proses penyuntikan. Wirjawan dan para tenaga kesehatan yang menanganinya bahkan sesekali terlihat saling bercanda.

Indryati Pardewi, 73, putri Wirjawan yang mengantar sang ayah menjalani vaksinasi menuturkan bahwa Wirjawan memang sudah siap menerima vaksinasi. Indri, sapaannya, justru mengatakan bahwa keraguan datang dari dirinya dan para saudara kandungnya yang lain.

“Tadinya kami merasa papi tidak usah vaksin mengingat usianya sudah tua. Lagipula di rumah tidak boleh ada orang lain masuk. Dia juga tidak boleh ke mana-mana. Tapi lama-lama kami pikir, ya sudah vaksin saja. Papi sendiri sudah siap untuk vaksin, jadi ketika diputuskan untuk vaksin, dia senang-senang saja,” ujar Indri.

Hidup Sehat dan Selalu Berbuat Baik

Bagikan berita ini:
2
3
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar