Enam Negara Komunis Terakhir yang Ada di Dunia

Kamis, 25 Maret 2021 21:15

Ilustrasi negara komunis

FAJAR.CO.ID– Setelah bubarnya Uni Soviet, yang menjadi negara komunis sejagad, banyak negara komunis beralih ideologi.

Negara komunis adalah istilah politik yang digunakan untuk mendeskripsikan bentuk pemerintahan suatu negara yang menganut sistem satu partai dan mendeklarasikan kesetiaan kepada komunisme (Marxisme, Leninisme, atau Maoisme).

Negara-negara komunis yang masih ada hingga kini. Berikut daftar enam negara terakhir di muka bumi yang masih mengadopsi ideologi komunisme.

  1. Republik Rakyat Cina

Cina adalah negara komunis paling besar dan paling kaya sejagad. Meski tunduk pada pakem ideologi Marxisme-Leninisme, pemerintah di Beijing selama tiga dekade terakhir membuka keran investasi bagi pemodal internasional yang turut melambungkan perekonomian negara berpenduduk 1,54 miliar manusia itu. Kini Cina sedang membangun kekuatan adidaya di kawasan Asia Pasifik dan Afrika.

  1. Vietnam

Partai Komunis sudah memerintah Vietnam selama 44 tahun, sejak Amerika Serikat dikalahkan dalam perang dua dekade melawan Viet Cong. Pada 1986 Hanoi mengikuti langkah Cina dengan membuka pintu bisnis bagi investor asing. Ketika Amerika mencabut embargo ekonomi pada 1994, perekonomian Vietnam mengalami kebangkitan yang bertahan hingga kini. Pada 2018 pertumbuhan ekonomi di Vietnam mencapai 7.1%

Bagikan berita ini:
4
8
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar