Jadi Wadah Baru Pelaku Industri Event Tanah Air, DPP Segera Lantik Pengurus IVENDO Sulsel

Kamis, 25 Maret 2021 20:45

Jajaran Pengurus DPD IVENDO Sulsel. (IST)

FAJAR.CO.ID — Industri pariwisata menjadi sektor andalan pemerintah Indonesia masa depan untuk mendatangkan kemakmuran dalam arti yang seluas-luasnya.

Dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2018, ada tiga “leading-sector” yang ditetapkan. Sektor pertama adalah pertanian karena Indonesia adalah negara agraris, nomor tiga perikanan, dan nomor dua adalah pariwisata.

Hal itu disampaikan Mantan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, saat menjadi Keynote Speech di Rakornas Kepariwisataan III tahun 2017 lalu.

Potensi yang strategis ini harus didukung tidak hanya dari aspek SDM yang memadai saja, namun perlu juga dikomunikasi melalui bentuk-bentuk penyelenggaraan acara (baca: event) yang dikelola secara profesional dan berskala international.

Sepanjang dua dekade terakhir, usaha jasa penyelenggara acara (Special Event) tumbuh kian pesat dan tersebar hampir di seluruh Indonesia. Demi pengembangan dan pembangunan industri ini di kemudian hari, hadirnya wadah yang dapat mempersatukan para pelaku usaha jasa penyelenggara acara dirasakan mendesak.

Untuk mewujudkannya beberapa komunitas dan asosiasi industri Event & MICE di Indonesia berhimpun untuk membangun wadah bersama.

Sejumlah pelaku industry event pun melakukan musyawarah nasional pertama yang diselenggarakan pada 9 Mei 2018 di Menara 165, Jl Letjen TB Simatupang, Jakarta.

Kemudian pada 8 Agustus 2018, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Indonesia Event Industry Council (IVENDO) secara resmi mendeklarasikan hadirnya wadah para pelaku industri event dan siap bekerja untuk turut serta membangun industri pariwisata Indonesia.

Komentar