Megawati Kritik Wacana Impor, Rizal Ramli Bilang Begini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID JAKARTA- Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri ikut mengomentasi wacana pemerintah terkait impor beras sebanyak 1 juta ton di tahun ini.

Megawati bilang, pemerintah harus membuat kebijakan berbasis kedaulatan pangan, bukan hanya ketahanan pangan.

“Saya waktu jadi presiden selalu mengatakan, negara kita ini kaya-raya sekali, sehingga kita jangan hanya berpikir ketahanan pangan, tetapi kita harus berpikir kedaulatan pangan,” ujar Megawati dalam acara peluncuran buku ‘Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam’ secara daring, Rabu kemarin.

Menurut Megawati, kebijakan berbasis kedaulatan pangan sangat berbeda dengan ketahanan pangan.

“Kalau ketahanan pangan, makanan kita kurang, maka kita impor. Tapi kalau kedaulatan pangan, segala hal di negara kita yang dapat kita makan, kita olah dengan maksimal dan justru kita bisa mengeskpor bahan makanan tersebut,” ujarnya.

“Saya selalu mengatakan, mengapa negara yang begitu kaya raya, kenapa banyak orang yang begitu pintar tidak menyatukan pikiran, fokus satu arah untuk membangun negara ini dengan kedaulatan pangan,” tutur Megawati.

Menanggapi itu, Ekonomi senior Rizal Ramli ikut menyentil Presiden RI yang ke-5 itu. Rizal Ramli mengatakan, Megawati tidak perlu berkomentar, sebab Mega bisa saja memerintahkan Presiden Jokowi agar memecat para Menteri yang ngotot lakukan impor.

“Mbak Mega,, kok doyan banget pake bahasa-bahas slogan gitu? Wong tinggal minta @jokowi untuk pecat Menteri pro-Impor dan pencari rente,” tulis Rizal Ramli di media sosialnya, Kamis (25/3).

  • Bagikan