Santai Hadapi Sidang Vonis, Djoko Tjandra Yakin Dirinya Korban

Kamis, 25 Maret 2021 16:46

Tersangka Djoko Tjandra (baju orange) dikawal petugas kepolisian saat tiba di Bandara Halim perdanakusuma, Jakarta, belu...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Terdakwa Djoko Tjandra mengaku tidak merasa tertekan dalam menghadapi sidang vonis. Hal itu disampaikan Djoko usai menjalani persidangan beragendakan pembacaan duplik di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (25/3/2021).

“Santai saja lah, sesuai fakta hukum saja apa yang terjadi dalam persidangan tadi,” kata Djoko.

Dirinya meyakini Majelis Hakim akan menerima duplik yang sudah dibacakan penasihat hukumnya dalam sidang. Dalam duplik tersebut, kubu Djoko mengeklaim sebagai korban dalam kasus ini.

“Memang faktanya memang itu kan, penipuan,” tambah Djoko.

Djoko mengaku didatangi oleh Pinangki dan Andi Irfan Jaya di Malaysia. Menurut Djoko, bukan dia yang menginisiasi pertemuan itu.

Oleh karena itu, pendiri Grup Mulia itu mengharapkan Majelis Hakim menjatuhi vonis seperti yang diinginkan pihaknya.

“Harapannya saya yang terbaik lah,” kata Djoko.

Sebelumnya, Djoko Tjandra dituntut empat tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider enam bulan kurungan dalam kasus dugaan korupsi terkait penghapusan red notice dan kasus kepengurusan fatwa di Mahkamah Agung (MA).

Menurut JPU, hal yang memberatkan adalah terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan yang bebas dari korupsi.

Sementara, hal yang meringankan yakni Djoko Tjandra dinilai bersikap sopan dalam persidangan.

Adapun dalam kasus fatwa MA, Djoko Tjandra dinilai terbukti menyuap Jaksa Pinangki Sirna Malasari melalui perantara sejumlah USD500 ribu agar mengurus fatwa di MA.

Komentar


VIDEO TERKINI