Effendi Gazali Penuhi Panggilan Penyidik KPK, Terkait Dugaan Suap Bansos

Kamis, 25 Maret 2021 17:36

Effendi Gazali. (dok Antara)

FAJAR.CO.ID — Pengamat politik Effendi Gazali mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia terlihat memakai kemeja panjang berwarna merah muda sekitar pukul 14.03 WIB.

Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri mengapresiasi kedatangan Effendi ke KPK. Sebab kesaksiannya penting untuk melengkapi berkas penyidikan kasus dugaan suap pengadaan bantuan sosial (bansos) penanganan Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek tahun anggaran 2020.

“Kami apresiasi atas kehadiran yang bersangkutan memenuhi panggilan penyidik KPK,” kata Ali dalam keterangannya, Kamis (25/3).

Ali menyampaikan, seseorang yang dipanggil sebagai saksi tentu karena keterangannya dibutuhkan dalam rangka memperjelas rangkaian perbuatan para tersangka. Kesaksian Effendi dibutuhkan untuk melengkapi berkas penyidikan mantan pejabat pembuat komitmen (PPK) Kemensos, Matheus Joko Santoso.

“Perkembangan hasil pemeriksaan akan kami sampaikan lebih lanjut,” ujar Ali.

Diketahui, selain perkara dugaan suap pengadaan bansos Covid-19, Effendi Gazali juga pernah diperiksa dalam kasus dugaan suap penetapan izin ekspor benih lobster alias benur yang menjerat mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. Effendi diperiksa penyidik KPK pada Kamis (4/3) lalu, dia ditelisik pengetahuannya soal kajian dan konsep rancangan kajian ekspor benih lobster.

Belum diketahui apa yang akan ditelisik penyidik KPK terhadap Effendi. Namun diduga, ia merupakan salah satu pihak yang mendapatkan kesempatan pengerjaan pengadaan bansos Covid-19. Informasi yang di dapat di lapangan Effendi diduga terkait dengan CV. Hasil Bumi Nusantara. Perusahaan itu disebut-sebut telah menerima lebih dari satu tahap pengadaan Bansos Covid-19

Komentar


VIDEO TERKINI