Transformasi Posisi Sempurna Sang Pemain Serba Bisa, Hasyim Kipuw

Kamis, 25 Maret 2021 18:02

Hasyim Kipuw saat menjaga pertahanan PSM dari gempuran penyerang Persija Jakarta (Instagram Hasyim Kipuw)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Nama Hasyim Kipuw memang tidak asing bagi pecinta sepakbola Indonesia. Kipuw sudah lama malang melintang di persepakbolaan nasional dengan membela Arema Malang, Bali United dan Persebaya Surabaya.

Kepiawaian pemain 32 tahun tersebut untuk menempati sejumlah posisi menjadi keunggulan. Ia sering bergonta-ganti posisi sejak awal karir profesionalnya.

Pemain asal Tulehu ini sebenarnya memiliki posisi asli sebagai bek kanan. Namun, ia juga sering bermain sebagai bek kiri dan gelandang bertahan.

Di musim lalu dengan membawa panji PSM Makassar, ia justru lebih sering bermain sebagai bek kiri. Sebab pos bek kanan PSM saat itu sudah ditempati Zulkifli Syukur dan Asnawi Mangkualam.

Di musim ini, khususnya pada turnamen pra-musim Piala Menpora 2021, ia kembali memiliki posisi baru sebagai bek tengah atau stoper. Ia terpaksa digeser lebih ke tengah usai PSM mengalami krisis di pos tersebut.

Saat ini praktis, PSM hanya memiliki 2 stoper saja. Mereka adalah Erwin Gutawa dan Nurhidayat Haris. Namun, kondisi Nurhidayat yang masih belum fit 100% akibat cedera membuat Kipuw harus menjadi tandem Erwin di sentral pertahanan Juku Eja.

Penampilan pertama Kipuw sebagai stoper untuk PSM bisa dibilang hampir sempurna. Ia berhasil menjaga striker Persija Marco Simic dengan sangat baik dan membuat gawang Hilman Syah masih perawan.

Komentar


VIDEO TERKINI