Konsumsi Jus Bayam, Ini 7 Manfaatnya untuk Kesehatan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Bayam adalah pembangkit tenaga nutrisi karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Membuat jus bayam segar telah menjadi cara yang populer untuk menikmati sayuran hijau ini.

Faktanya, jus bayam dikaitkan dengan serangkaian manfaat kesehatan yang mengesankan.

Berikut ini beberapa penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Sehatkan tulang

Bayam kaya akan kalsium yang penting untuk kekuatan tulang.

Mineral ini sangat penting untuk kesehatan tulang dan molekul pemberi sinyal penting untuk sistem saraf, jantung, dan otot. Kadar vitamin K dalam jus bayam juga membantu dalam mencegah osteoporosis secara efektif.

Konsumsi vitamin K yang cukup penting untuk kesehatan yang baik, karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan bisa mengurangi jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh dalam urin.

  1. Cegah anemia

Kadar zat besi dalam jus bayam cukup tinggi dan memastikan pembentukan sel darah merah dan hemoglobin. Tingkat kandungan nutrisi yang tinggi dalam bayam membantu dalam pembuatan sel darah merah.
Kekurangan zat besi merupakan salah satu penyebab anemia. Selain itu, vitamin C dalam bayam juga membantu mendukung penyerapan zat besi yang efektif.

  1. Tinggi antioksidan

Minum jus bayam setiap hari bisa memberi asupan antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Secara khusus, bayam adalah sumber antioksidan lutein, beta karoten, asam coumaric, violaxanthin, dan asam ferulat yang baik.

Antioksidan menetralkan radikal bebas sehingga melindungi tubuh dari stres oksidatif dan penyakit kronis. Sebuah penelitian selama 16 hari pada 8 orang yang minum 240 ml jus bayam, hasilnya bisa mencegah kerusakan oksidatif pada DNA.

  • Bagikan