Perginya Juru Damai Sahabat Semua Orang

  • Bagikan

Solutif

Informalitas dan ketajaman untuk melihat solusi out of the box adalah kekuatannya yang lain. FH sangat menghindari formalitas, jika ia dapat mewujudkan misinya lewat cara-cara informal. FH akan menempuh berbagai cara –sebagian besar dengan cara informal – untuk menemui tokoh-tokoh kunci pihak yang bertikai. Ia tidak akan berhenti sebelum menemukan gambaran solusi yang dapat dicapai.

Di balik perawakannya yang tinggi besar dan gagah, FH berhati lembut dan memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi. Ia tidak percaya bahwa konflik dapat diselesaikan dengan senjata dan kekerasan. Ia berkata, seandainya konflik dapat diselesaikan dengan senjata, solusinya sangat gampang. Berikan saja senjata sebanyak mungkin kepada pihak-pihak yang bertikai.

Sebaliknya, FH adalah orang yang percaya pada dialog. Dialog, menurut dia, adalah jalan paling mungkin untuk menemukan solusi perdamaian. Dialog adalah faktor mutlak bagi FH. Sebaliknya, ia akan sangat mengkhawatirkan bila pintu dialog dinyatakan telah tertutup. Ia pernah berkata, bahkan seandainya pun sebuah konflik sudah mengarah pada perang dunia, selama pihak-pihak yang bertikai masih membuka kemungkinan untuk dialog, kita masih memiliki harapan perdamaian.

FH memiliki keyakinan bahwa nilai manusia adalah martabatnya. Manusia akan merasa terhormat apabila martabatnya dihormati. Sebaliknya konflik dapat memanas bila ada pihak yang melukai martabat pihak lain.

FH percaya bahwa penyelesaian konflik harus ditempuh dengan cara-cara yang bermartabat. Konflik tidak mereda bila solusi yang ditawarkan menyebabkan salah satu pihak kehilangan muka. Konflik tidak mengenal solusi win-lose. FH percaya bahwa konflik apa pun dan dimana pun, hanya dapat diselesaikan apabila kedua belah pihak tidak merasa ada yang dirugikan, apalagi dikalahkan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan