Korea Utara Uji Coba 2 Misil, AS Geram hingga Berikan Ancaman Ini

Sabtu, 27 Maret 2021 14:54

Korea utara meluncurkan dua misil dalam uji coba. AS bakal memberikan tindakan (BBC)

FAJAR.CO.ID– Amerika Serikat (AS) akhirnya bicara serius soal uji coba misil yang dilakukan Korea Utara (Korut) baru-baru ini. Hal itu ditegaskan Presiden AS Joe Biden setelah muncul foto-foto pihak Pyongyang saat melakukan uji tembak misil taktis tipe baru. Uji coba tersebut dilakukan di tempat yang dirahasiakan.

Joe Biden menegaskan bahwa saat ini mereka sedang berkoordinasi dengan para sekutunya. ”Akan ada tindakan jika mereka memilih meningkatkan ketegangan. Kami akan merespons dengan sepantasnya,” tegasnya seperti dikutip NBC.

Pernyataan Biden tersebut keluar setelah Korut meluncurkan dua misil ke pantai timur Laut Jepang. Itu area sengketa dan disebut Laut Timur oleh warga Korea. Versi Korut, yang mereka uji coba adalah misil kendali taktis.

Senjata tersebut melaju sejauh 600 kilometer dan diyakini mampu membawa muatan seberat 2,5 ton. Senjata itu sempat dipamerkan dalam parade militer Januari lalu.

KCNA mengungkapkan bahwa uji coba tersebut dipantau pejabat tinggi Korut Ri Pyong-chol. Berdasar resolusi PBB, Korut dilarang mengembangkan senjata semacam itu.

”Saya juga menyiapkan berbagai bentuk diplomasi, tapi itu harus dikondisikan pada hasil akhir denuklirisasi,” tegas Biden.

Di era kepemimpinan Donald Trump, Korut sudah hampir setuju untuk menghancurkan senjata nuklirnya. Sayangnya, pertemuan terakhir di Vietnam tidak berakhir sukses. Sejak itu hubungan kedua negara kembali tegang.

Komentar


VIDEO TERKINI