Tidak Membatalkan Puasa, Pemkot Makassar Tetap Gelar Vaksinasi Siang Hari

Sabtu, 27 Maret 2021 18:21

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kini gencar melakukan vaksin Covid 19. Bahkan bulan ramadan sekalipun akan tetap digelar.

Apalagi Majelis Ulama Indonesia (MUI) memutuskan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 pada Saat Berpuasa yang dengan hasil vaksinasi tidak membatalkan puasa.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Makassar, A. Iriani Khadijah mengatakan, pihaknya siap menggelar vaksin di bulan Ramadan. Bahkan vaksinasi akan tetap digelar siang hari.

“Itu tidak jadi masalah, Kami siap menggelar siang, petugas juga. Harus siang karena jam kerja, bulan puasa kan jam kerja,” kata Iriani, Sabtu (27/3/2021).

Mengenai kondisi penerima vaksin yang melakukan ibadah puasa, Iriani mengungkapkan, akan melihat terlebih dahulu kondisinya. Jika tidak memenuhi kriteria screening maka masyarakat tidak akan divaksin.

“Kan juga nanti ditensi dulu semua, kalau tidak memenuhi syarat kan tidak dilakukan vaksinasi,” jelas Kepala Bappeda ini.

Sebelumnya banyak masyarakat mempertanyakan pemberian vaksin saat bulan ramadan. Mereka khawatir tidak lolos screening saat sedang berpuasa sebab kondisi tubuh tidak mengonsumsi makanan.(ikbal/fajar).

Komentar