Hasil Penyelidikan Labfor Polda Sulsel, Bola Soba Tidak Dibakar

Senin, 29 Maret 2021 20:01

Kapolres Bone, AKBP Try Handako Wojaya Putra menjelaskan penyebab kebakaran Bola Soba. (Agung/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, BONE — Hasil penyelidikan Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sulsel soal kebakaran Bola Soba sudah keluar. Arus pendek listrik menjadi penyebabnya. Tidak ada unsur pembakaran.

Lokasi pertama api kebakaran berada pada kotak kontak rel lubang tiga dengan beban kulkas dan dispenser yang terpasang pada tiang utama kayu di bagian dapur atau anak bola yang sejajar dengan tangga.

“Penyebab arus pendek listrik. Hubungan longgar yang terdapat pada plat tembaga kotak kontak rel dengan lubang kontak tiga yang terhubung longgar dengan tusuk kontak dengan dispenser dan kulkas,” kata Kapolres Bone, AKBP Try Handako Wojaya Putra Senin (29/3/2021).

Kata dia, api cepat membesar karena didekatnya terdapat dinding anyaman (Gamacca) dan triplek, sehingga api cepat membesar dan menjalar ke seluruh isi Bola Soba.

“Tidak ada hidrokarbon atau senyawa bahan bakar. Kalau ada kesengajaan pasti ada barang bukti yang menyebabkan terjadinya kebakaran. Setelah dilakukan uji lab oleh Labfor dari sekian titik tidak ada bahan hidrokarbon yang ditemukan. Murni kebakaran arus pendek listrik,” bebernya.

Dalam peristiwa tersebut, sebanyak 12 orang diperiksa oleh Polres Bone, baik dari pengelola, Sanggar Seni Arung Palakka dan petugas keamanan dari rumah pribadi Wakil Bupati Bone.

“Termasuk Penjaga Bola Soba, Kisman sudah dilakukan pemeriksaan. Setelah diperiksa dan koordinasi dengan polsek kota tidak ada laporan juga soal teror orang gila yang pernah menyerangnya,” jelas perwira berpangkat dua melati itu. (agung/fajar)

Bagikan berita ini:
8
7
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar