Kunjungi Gereja Katedral, Menag Gus Yaqut Ajak Semua Pihak Bersatu Lawan Terorisme

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berkunjung ke lokasi peledakan bom bunuh diri di sekitar Gereja Katedral.

Dalam kunjungannya itu, Gus Yaqut menyampaikan simpati terhadap Pendeta Katedral atas kejadian kemarin, Minggu, (28/3/2021).

“Kita semua berduka dan kita berharap kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Kita sampaikan kepada uskup tadi agar menenangkan jamaatnya. Beribadah seperti biasa,” kata Yaqut Cholil Qoumas, Senin, (29/3/2021).

Ia berharap agar tidak ada yang ditakutkan. Semua pihak perlu membantu agar tragedi kemanusiaan sebagaimana kemarin terjadi tidak terulang lagi.

“Kita akan melawan, kita akan hadapi kelompok-kelompok seperti yang dilakukan kemarin teroris. Tentu tidak mudah, kita butuh kerja sama yang baik. Kerjasama antara umat beragama. Kerjasama dengan aparat keamanan dengan media.” jelasnya.

Selain itu, ia juga berharap pemuka-pemuka agama menyampaikan kepada umatnya untuk mengembalikan agama kepada fungsinya semula.

“Fungsi agama itu mendamaikan kasih sayang. Tidak ada agama yang mengajarkan kekerasan. Tidak ada agama yang yang mengajarkan teror,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap nilai-nilai kemanusiaan kembali dan terus menerus didengungkan pemuka agama kepada umat dan jemaahnya.

“Mudah-mudahan ini bisa makin tenang, makin nyaman buat kita semua. Itu yang saya kira itu kunjungan saya kesini,” tuturnya.

Ia pun akan mengunjungi korban bom bunuh diri untuk memberikan simpati dan dukungan moral. Terutama yang telah mencegah masuknya dua pelaku bom bunuh diri ke dalam gereja.

  • Bagikan