Ustad Hasyim Yahya Sebut Islam yang Baik adalah yang Jadi Teroris, Menko Mahfud MD Komentari Pakai Kata Tak Bermoral

Senin, 29 Maret 2021 20:22

Menko Polhukam Mahfud MD

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Sebuah video viral di jagat maya. Seorang penceramah bernama Ustad Hasyim Yahya mengatakan bahwa teroris adalah ajaran Islam. Ustad Hasyim menilai, bahwa orang Islam yang baik adalah yang menjadi teroris.

“Orang Islam yang baik itu menjadi teroris. Buka (Al-Qur’an) Al Anfal ayat 60. Datangkan ustad siapa, kiyai siapa (untuk debat), bahwa orang Islam itu hadir jadi teroris,” kata ustad tersebut dalam video ceramah yang viral dengan durasi 1 menit 36 detik itu.

Potongan video tersebut langsung dikomentari Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD.

Mahfud mengandaikan penyalahgunaan ayat-ayat dalam kitab suci Al-Qur’an mirip dengan pasal-pasal aturan hukum.

“Sering pasal-pasal hukum bisa dijualbelikan dengan aparat (polisi, jaksa hakim, pengacara) yang tak bermoral,” kata Mahfud dikutip Fajar.co.id di akun Twitternya, Senin (29/3/2021).

“Dalam Qur’an juga orang bisa menemukan ayat-ayat untuk melakukan teror tapi juga bisa menemukan banyak ayat untuk menjaga nyawa manusia. Ini buktinya jadi masalahnya ada di “moral”,” sambungnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itupun menjelaskan sering dalil-dalil dalam Al-Qur’an dijadikan alat untuk membenarkan tindakan seseorang. Sama halnya dengan pembelaan dalam praktik hukum.

“Dalam praktik banyak kasus bisa dibeli dengan pasal-pasal kepada oknum aparat: kalau mau menang pakai Pasal ini, kalau mau dikalahkan pakai Pasal itu. Di Islam juga ada pilih-pilih dalil semaunya sehingga ada ayat “jangan kamu (jual)belikan ayat-ayat Allah dengan harga murah”. Walaa tasyataruu biayatillah tsamanan qalila,” jelasnya.

Komentar


VIDEO TERKINI