Ridwan Kamil Sebut Bandara Internasional Kertajati Juga Difungsikan untuk Perawatan Pesawat

Selasa, 30 Maret 2021 15:57

Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan Ekonomi Daerah (PED) Jawa Barat (Jabar) mengajak pengusaha dan eksportir untuk memaksima...

FAJAR.CO.ID, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengatakan Bandara Internasional Jabar Kertajati di Kabupaten Majalengka selain dioperasikan untuk mengangkut penumpang dan kargo, juga akan difungsikan untuk maintenance, repair, overhaul (MRO) atau perawatan pesawat.

“Bandara Kertajati akan difokuskan juga pada MRO sehingga semua pesawat bisa maintenance di sana,” kata Ridwan Kamil, Selasa (30/3).

Sosok yang karib disapa Kang Emil itu menjelaskan publik juga tahu bahwa bisnis bandara itu tidak hanya penumpang, tetapi ada juga kargo dan perawatan.

“Tadi dibahas agar Kertajati bisnis juga pada nonpenumpang. Kalau kargo, sudah dimulai,” kata dia.

Ridwan Kamil menuturkan, ada maskapai penerbangan internasional yang berminat membuka MRO di Bandara Internasional Kertajati.

Dia mengaku sudah melapor kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait hal itu.

Laporan itu disampaikan Ridwan saat menghadiri rapat terbatas di Jakarta. “Saya laporkan ke Pak Presiden ada pihak penerbangan internasional di Asia yang juga berminat membuka MRO maskapainya di Kertajati,” katanya.

Sisi lain, Ridwan mengatakan Bandara Internasional Kertajati akan optimal beroperasi ketika Tol Cisumdawu selesai dibangun.

“Bandara Kertajati ini belum berfungsi optimal karena Tol Cisumdawu belum selesai, tetapi tadi disampaikan Menteri PUPR (Basuki Hadimoeldjono) bahwa Desember 2021 akan terhubung,” ujarnya.

Bandara Internasional Kertajati merupakan salah satu kawasan yang masuk dalam Rebana Metropolitan. Dari 13 kota industri baru yang akan dibangun di Rebana Metropolitan, Kertajati direncanakan akan menjadi kota baru dengan konsep aerocity.

Komentar


VIDEO TERKINI