Vaksin Covid-19 Efektif untuk Lansia, Dokter: Nutrisi Harus Tercukupi

Selasa, 30 Maret 2021 08:40

ILUSTRASI. Warga lanjut usia (lansia) mengantre untuk menerima vaksinasi Covid-19 di Lippo Mall Puri, Jakarta, Selasa (9...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa berusia di atas 60 tahun, terutama mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid lebih mungkin mengalami infeksi virus Korona yang lebih parah. Maka lansia diutamakan untuk menjadi sasaran vaksinasi Covid-19.

Dalam webinar KALBE Nutritionals bersama Entrasol Senior baru-baru ini, Business Unit Coordinator General Adult Nutrition KALBE Nutritionals, Boy Sinaga, menjelaskan lansia penting mendapatkan asupan kandungan tinggi protein, tinggi serat, tinggi vitamin D, dan kaya akan vitamin dan mineral lain untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

“Bagi lansia yang sudah dan tidak dapat divaksinasi diharapkan para lansia tetap teredukasi dan mengerti nutrisi harian tepat untuk mereka,” kata Boy Sinaga.

Dalam acara yang sama, Ketua Tim Advokasi Vaksinasi Covid-19 PB IDI Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, KAI, FINASIM, menegaskan pentingnya kelompok masyarakat lansia untuk segera mendapatkan vaksinasi. Keseriusan Covid-19 dikuatkan fakta bahwa tingkat kematian, atau risiko kematian tertinggi terjadi pada pasien lansia, sehingga sangat penting agar kelompok ini segera mendapatkan vaksin.

“Seharusnya, tidak perlu ada keraguan untuk menerima vaksinasi yang memang telah tersedia untuk warga lansia, kecuali mereka yang saat ini sedang sakit atau jika mereka pernah menderita Covid-19 sebelumnya atau memang tidak bisa menerima vaksin oleh karena kondisi medis,” ungkap Prof. Iris.

Komentar


VIDEO TERKINI