Ini Bahayanya Jika PSM Kalah 2 Gol dari Borneo FC Sore Ini

Rabu, 31 Maret 2021 11:24

PSM

FAJAR.CO.ID, MALANG—PSM Makassar menjadi klub dengan peluang terbesar menjadi wakil Grup B di babak delapan besar Piala Menpora 2021. Namun, bukan berarti mereka sudah bisa bersantai saat berhadapan dengan Borneo FC, sore ini.

Dalam laga di Kanjuruhan, Malang tersebut, Pasukan Ramang sebenarnya hanya butuh kalah tidak lebih dari satu gol untuk untuk mengunci tiket perempat final. Apapun hasil Bhayangkara FC kontra Persija, anak asuh Syamsuddin Batola pasti akan tetap menjadi wakil Grup B jika hanya kalah 0-1, 1-2, atau 2-3.

Hitungannya sederhana. Misalnya PSM kalah 0-1, maka mereka memiliki poin empat dan selisih gol +1. Sementara Bhayangkara, jika kalah, maka mereka memiliki poin 4 dengan selisih gol menjadi 0 (kalau kalah satu gol) atau minus (jika kalah minimal dua gol). 

Karena PSM dan Bhayangkara bermain imbang 1-1 di matchday kedua, secara otomatis selisih gol akan jadi penentu. Dan itu berarti PSM akan lebih unggul dari sang rival. Begitu pula seterusnya. Semakin besar skor kemenangan Persija, maka semakin besar pula peluang lolos PSM kendati kalah.

Sementara jika Bhayangkara dan Persija bermain imbang, apapun hasil PSM mereka akan tetap lolos. Itu karena PSM unggul head to head atas Persija. Sama-sama mengoleksi 4 poin, PSM akan lolos. Dalam aturan turnamen ini, setelah jumlah poin, head to head memang jadi penentu peringkat grup. Setelah itu, selisih gol dan produktivitas tim. Sedangkan jika Persija kalah, itu sudah tidak berpengaruh pada PSM karena mereka hanya mengoleksi tiga poin.

Bagikan berita ini:
2
5
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar