KASN Minta Kepala Daerah Tidak Langsung Main Copot Jabatan ASN yang Melanggar

Rabu, 31 Maret 2021 19:19

Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agustinus Fatem dalam acara sosialisasi "Membangun Pemahaman dalam Pengis...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengingatkan Kepala Daerah agar tidak langsung main copot jabatan ketika menemukan pelanggaran di jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kalau ada bukti bahwa ASN terbukti melakukan pelanggaran, tolong jangan langsung diberhentikan. Tapi laporkan dulu ke KASN. Kirim semua bukti, sampaikan kepada KASN,” kata Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Agustinus Fatem, Rabu (31/3/2021).

Agustinus menjelaskan, ketika semua bukti pelanggaran telah masuk, maka pihak KASN akan melakukan penelusuran lebih dalam. Apabila pihaknya meyakini bahwa yang bersangkutan melakukan pelanggaran, pemberian sanksi baru bisa ditentukan.

Menurut Agustinus Fatem, untuk ASN yang tidak netral, bisa saja mendapatkan hukuman disiplin kategori sedang atau berat yang sudah ditentukan. “Misalnya dijatuhkan disiplin sedang, kalau dia menjabat sebagai kepala dinas, yang bersangkutan tidak bisa dibebaskan dari tugasnya,” jelasnya.

Adapun disiplin kategori berat, kata Agustinus, yang bersangkutan bisa dibebaskan dari tugasnya, yakni diberhentikan secara terhormat atau tidak terhormat. (mg10/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI