Airlangga Disebut Capres Rasional di Pilpres 2024, Selain Prabowo

Kamis, 1 April 2021 15:51

Airlangga Hartarto disebut sebagai capres rasional di Pilpres 2024 (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, kian rajin melakukan safari politik ke sejumlah ketua umum partai. Langkah Airlangga dinilai sebagai ancang-ancang membangun koalisi menuju Pemilu 2024.

Setelah Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Airlangga menggelar pertemuan dengan Ketum PPP Suharso Monoarfa. Safari politik Airlangga dengan ketiga parpol tersebut dinilai langkah yang tepat.

Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno menilai, peluang koalisi Golkar, Gerindra, NasDem, dan PPP sangat terbuka. PPP melengkapi koalisi tersebut dengan representasi pemilih Islam.

“Nasdem dan Gerindra kan punya tarikan napas sejarah politik yang beririsan. Nasdem itu Surya Paloh pernah jadi orang penting di Golkar. Gerindra, Prabowo adalah juga pernah jadi orang penting di Golkar. keduanya punya tarikan napas sejarah jadi kalau dilihat dari ideologi, mereka punya napas perjuangan yang sama,” kata Adi dalam keterangannya, Kamis (1/4).

“Nah, kenapa PPP? Tentu Golkar-Nasdem dan Gerindra ini dianggap partai nasionalis. Untuk menggenapi koalisi, biasanya selalu ada variabel representasi pemilih partai Islam,” tambahnya.

Dia juga melihat PPP memiliki chemistry yang pas dengan Golkar dan Gerindra. Sehingga dia meyakini, safari politik Airlangga bukan sekadar bicara politik kebangsaan semata.

“Karena bicara kebangsaan kan bisa diomongkan dalam rapat kabinet. Karena empat partai ini kan satu kolam kaolisi di pemerintah,” ungkapnya.

Komentar


VIDEO TERKINI