Akses Gratis Tol Layang Pettarani Berpotensi Diperpanjang

Kamis, 1 April 2021 11:49

Tol Layang Pettarani (Ist)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pengaksesan Tol Layang AP Pettarani yang diresmikan pada Kamis, (18/3/2021) lalu, telah dapat diakses secara gratis sejak Jumat, (19/3/2021) lalu hingga awal bulan April ini.

Akan tetapi, Surat Keputusan (SK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk penetapan tarif tol layang hingga saat ini belum juga keluar. Hal ini berpotensi diperpanjangnya pengaksesan tol layang secara gratis.

“Belum ada (SK, red). Sepanjang kita belum menerima SK penyesuaian tarif dari Pak Menteri, secara otomatis diperpanjang,” kata Direktur Utama Metro Makassar Network ( MMN), Anwar Toha, kepada Fajar.co.id, Kamis, (1/4/2021).

Padahal, sebelumnya Anwar Toha menegaskan Tol Layang Pettarani dapat diakses secara gratis selama kurang lebih 14 hari.

Adapun rencana tarif tol yang telah diusulkan sekitar Rp9.500-Rp10.000. “Usulan tarif sesuai dengan investasi, pengembalian investasi itu kira target 15 tahun, ditambah tahun 2028, itulah akhir dari masa konsesi 1,2,3,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parekesit mengatakan bahwa kemampuan bayar masyarakat Rp2000 per kilometer. Meski demikian, pihaknya akan mengusahakan tarif sekitar Rp1000an atau bisa lebih rendah dari itu.

“Jadi kalau masyarakat menjalani 4 km, jadi kira-kira mereka harus bayar Rp4 ribu,” ungkap Danang beberapa waktu lalu. (mg10/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI