Anies Baswedan Disebut Ketemu Pimpinan ISIS, Ternyata Ferdinand Bagikan Foto Hoaks

Kamis, 1 April 2021 21:41

Tangkapan layar unggahan Twitter Ferdinand Hutahaean

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pegiat media sosial Ferdinand Hutahaean membagikan foto hoaks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan pimpinan ISIS.

Foto itu diretweet Ferdinand Hutahaean melalui akun Twitter-nya, @ferdinandHaean3.

Dalam foto terlihat Anies Baswedan bersama seorang ulama Yusuf al-Qaradawi dan Politikus PKS Hidayat Nur Wahid.

Di keterangan foto itu, tertulis bahwa al-Qaradawi adalah pimpinan Negara Islam Irak dan Syam (ISIS).

“Ini foto Anies dan Yusuf al-Qaradawi pimpinan ISIS,” demikian keterangan foto tersebut yang tersebar melalui tangkapan layar yang diretweet Ferdinand Hutahaean.

Ferdinand menanyakan kebenaran foto itu. Dia meminta Hidayat Nur Wahid untuk memberikan penjelasan.

“Pak Wahid, bisa jelaskan foto ini dalam rangka apa?” tulis Ferdinand Hutahaean, seperti dilansir FIN.co.id, Rabu (31/3).

“Tak usah kebanyakan bicara ttg anggaran BNPT naik tapi teror dan radikalisme naik. Anda sendiri ngapain bertemu orang ini bersama Anies Baswedan? Bisa jelaskan dalam rangka apa?” sambung mantan kader Partai Demokrat ini.

Lantas benarkah ulama Yusuf al-Qaradawi adalah pimpinan ISIS?

Faktanya, Al Qaradawi adalah seorang ulama mesir asal Qatar.

Foto itu dimasukan ke dalam konten Hoaks alias berita bohong di situs Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

“Beredar kembali di media sosial Foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid, serta ulama asal Mesir yang berkewarganegaraan Qatar, Yusuf al-Qaradawi. Dalam foto itu, terdapat tulisan yang menyebut Yusuf al-Qaradawi sebagai pimpinan Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS,” demikian tulis keterangan Kemenkominfo.

Komentar


VIDEO TERKINI