Awalnya Iseng, Kini Omzet UMKM Indah Cipta Tembus Puluhan Juta Rupiah

Kamis, 1 April 2021 15:20

Prosuk UMKM Indah Cipta saat mengikuti salah satu pameran. (Dok Pertamina MOR VII)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – “Saya ajak ibu-ibu rumah tangga yang menganggur untuk bantu membuat kerajinan bantal. Supaya jadi pemasukan untuk mereka juga. Alhamdulillah konsep ini ternyata berbuah berkah untuk usaha saya juga,” jelas Naning.

Begitulah perjuangan Naning Herdining, pemilik UMKM Indah Cipta menghasilkan omzet hingga puluhan juta dalam sebulan. Usahanya itu mendapat dukungan dari Pertamina.

Di mana sejak 2010 UMKM Indah Cipta telah menjadi mitra binaan Pertamina sejak 2010. Berkat pendampingan dari Pertamina pula, Naning bisa melewati masa pandemi ini bahkan bisa terus berkembang.

Diketahui, Pertamina tak hanya menyalurkan usaha, pembinaan dan pendampingan dilakukan secara berkelanjutan sebagai upaya mendorong para UMKM binaan agar bisa naik kelas dan mengembangkan usahanya.

Dalam pembinaan tersebut, Pertamina memotivasi para UMKM binaannya agar dapat membantu masyarakat sekitar untuk menyediakan lapangan pekerjaan atau dikenal dengan konsep Sociopreuneur.

Konsep ini diterapkan dengan baik oleh Naning Herdining. Saat ini sudah ada sekitar 5 hingga 6 karyawan yang membantu usahanya. Jumlah itu bisa saja bertambah tergantung pada banyaknya pesanan yang datang.

Naning biasanya bertugas menggunting pola pada kain satin lalu memberikan pada tetangganya untuk disempurnakan.

“Karena ini produk handmade, kualitas sangat dijaga sehingga 1 bantal ukuran 40×40 bisa selesai 3-4 hari,” imbuhnya.

Komentar


VIDEO TERKINI