Didukung Anggaran Rp30 M, 200 Lebih Atlet Sulsel Siap Berjuang Tembus 10 Besar PON Papua

Kamis, 1 April 2021 22:42

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, Andi Arwin Azis (istimewa)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020 segera dilaksanakan bulan September dan Oktober tahun ini. Event empat tahunan itu sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Provinsi Sulawesi Selatan menjadi salah satu kontingen yang akan meramaikan pagelaran olahraga terbesar di Indonesia itu.

Pemprov Sulsel pun telah menyiapkan anggaran guna mendukung prestasi atlet-atlet terbaik. Tahun 2021 ini melalui APBD disiapkan dana Rp30 Miliar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan anggaran Rp30 miliar itu dikelolah pihaknya bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel.

“Alokasi anggaran untuk PON XX Papua 2021 total Rp30 M yang dikelola KONI Sulsel dalam bentuk hibah sebesar 20 M dan dikelola oleh Dispora Sulsel dalam bentuk kegiatan dan sub kegiatan sebesar Rp10 M,” kata Arwin, Kamis (1/4/2021).

Untuk persiapan, KONI Sulsel sendiri terakhir telah melakukan tes fisik, kesehatan dan psikotes untuk atlet, pelatih, asisten pelatih dan 4 mekanik.

Berdasarkan data terakhir dari Dispora, total sudah ada 202 atlet dari 32 cabang olahraga yang siap bertanding. Mereka akan didukung 45 pelatih, 7 asisten pelatih dan 9 mekanik.

Jumlah atlet ini kemungkinan akan bertambah. Sebab masih ada penambahan dari cabor basket dan hockey yang sementara berproses.

Sebelumnya, Ketua Tim Satgas Pekan Olahraga Nasional (PON) Sulsel, Abdul Hayat Gani berharap atlet Sulsel dapat meraih target 10 besar dalam PON yang akan dilaksanakan di Papua pada tanggal 2 Oktober sampai 13 Oktober 2021.

Komentar


VIDEO TERKINI