PPPK Sudah Terima Gaji Januari-Maret, Ini Komponen Tunjangan yang Belum Diterima

Kamis, 1 April 2021 09:02

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) hasil rekrutmen Februari 2019 sebagian sudah menerima gaji plus tunjangan.

Namun, ternyata komponen gaji yang diterima PPPK dari honorer K2 dan tenaga harian lepas tenaga bantu penyuluh pertanian (THL TBPP) belum semuanya diberikan.

Data leger gaji yang diterima JPNN.com dari sejumlah daerah wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan, rerata gaji pokoknya sama untuk kelas jabatan sama.

Ambil contoh guru, kelas jabatan penata muda masuk golongan IX atau setara dengan golongan III/a PNS.

Untuk golongan IX ini gaji pokoknya Rp2.966.500. Bila PPPK menikah dan punya anak dua misalnya, maka yang bersangkutan diberikan tunjangan anak serta istri/suami. Di mana besaran tunjangan istri/anak sebesar Rp296.650.

Sedangkan anak (2 orang) sebesar Rp118.660. Kemudian untuk tunjangan jabatan, di dalam leger gaji PPPK, terdapat empat komponen yaitu tunjangan eselon, tunjangan fungsional umum, tunjangan fungsional, dan tunjangan khusus.

Namun, tunjangan jabatan ini ternyata belum diterima PPPK.

“Kami belum terima tunjangan fungsional maupun fungsional umum. Katanya sih masih mau diajukan kembali,” ungkap guru PPPK yang minta tidak disebutkan namanya kepada JPNN.com, Kamis (1/4).

PPPK juga mendapatkan tunjangan lain seperti tunjangan terpencil, tunjangan kinerja daerah (TKD), tunjangan beras, dan tunjangan pajak. Faktanya, yang diterima PPPK hanya tunjangan beras sebesar Rp289.680 (1 istri/suami, 2 anak).

Komentar