Teroris Beraksi di Mabes Polri, Gus Nabil: Kondisi Bahaya

Kamis, 1 April 2021 10:03

Ketum PP Pagar Nusa sekaligus Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan Muchamad Nabil Haroen (Gus Nabil). Foto: Dok Pribadi for...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum PP Pagar Nusa Nahdlatul Ulama, Muchamad Nabil Haroen menyebut penyerangan oleh teroris di Mabes Polri pada Rabu (31/3) merupakan alarm bagi semua elemen bangsa.

Menurut Gus Nabil, insiden itu harus menjadi perhatian serius terutama oleh Polri, BIN maupun TNI sebagai benteng penting dari keamanan dan pertahanan negara.

“Maka, deteksi dini intelijen dan keamanan negara sangat penting,” kata Gus Nabil di Jakarta, Rabu.

Dia menilai pascaserangan bom di Gereja Katedral Makassar, pihak Polri telah melakukan pelacakan jaringan dan penggeledahan beberapa lokasi ekstremis.

“Maka, jika ada penyerangan di Mabes Polri ataupun kantor-kantor kepolisian di wilayah dan daerah, itu kondisi bahaya,” ujar politikus Senayan itu.

Anggota Fraksi PDIP DPR itu juga mendorong agar strategi penanganan teroris-ekstremis ditinjau ulang.

Khusus untuk BNPT, dia memberi catatan bahwa upaya deradikalisasi jangan hanya menggunakan pendekatan keamanan, tetapi juga pendidikan secara bertahap hingga komprehensif.

“Maka, pesantren dari NU dan Muhammadiyah bisa dilibatkan sebagai jangkar deradikalisasi,” ucap Gus Nabil.

Walaupun begitu, dia mengimbau masyarakat tetap tenang dan berharap Polri bersama lembaga intelijen negara bergerak cepat mengantisipasi dan melakukan kontra-teror.

“Jangan sampai kita kalah dengan kelompok ekstremis. Indonesia harus bangkit sebagai negara damai yang menebar rahmah dan kesejahteraan kepada semua warganya,” ucap Gus Nabil. (jpnn/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI