Hujan Lebat, Elevasi Bendungan Bili-bili Masuk Status Waspada

Jumat, 2 April 2021 13:33

Bendungan Bili-bili

FAJAR.CO.ID, GOWA – Hujan lebat terus mengguyur Kabupaten Gowa dan Kota Makassar. Itu terjadi pada hari ini, Jumat (2/4/2021) sejak sekitar pukul 03.00 WITA.

Sebagian warga Makassar yang bermukim di sekitaran Sungai Jeneberang patut waspada. Elevasi atau ketinggian air di Bendungan Bili-bili saat ini masuk dalam status waspada.

Data resmi yang diterima dari grup Whatsapp Siaga Bencana Polres Gowa, elevasi saat ini pada pukul 12.00 WITA berada di angka 100,24 MDPL.

Artinya, air tersebut sudah berada di angka status waspada yang telah ditetapkan, yakni 100.00 MDPL. Olehnya itu, pintu bukaan di bendungan tersebut dibuka sepanjang 150 sentimeter, untuk membuang sebagian air dari bendungan itu.

Hal tersebut juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya kerusakan parah pada bendungan itu, yang akan berdampak besar bagi pemerintah dan masyarakat sekitar.

Air yang dibuang pun akan mengalir ke Sungai Jeneberang. kasubbag Humas Polres Gowa, AKP Mangatas Tambunan pun mengimbau warga untuk menjauhi Sungai tersebut.

“Jauhi bantaran sungai dan tetap waspada akan banjir. Jadi sebelum dibuka, kami sudah koordinasikan ke pihak terkait untuk sampaikan warga jauhi bantaran sungai. Jangan beraktivitas di sana,” tegasnya. (Ishak/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI