Elevasi Bendungan Bili-bili Menurun dari Status Waspada, Masih di Atas Normal

Sabtu, 3 April 2021 19:35

Bendungan Bili-bili

FAJAR.CO.ID, GOWA — Ketinggian atau elevasi Bendungan Bili-bili, Kabupaten Gowa terus mengalami penurunan jika dibandingkan sehari sebelumnya.

Pada Jumat (2/4/2021) pukul 19.00 WITA kemarin, elevasi bendungan berada di angka 100.50 MDPL, atau sudah berada di status waspada yang ditetapkan, yakni 100.00 MDPL.

Kenaikan tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi di dataran tinggi atau di hulu, hingga air pun mengalir deras ke hilir sampai ke bendungan tersebut.

Petugas yang berjaga di lokasi pun langsung membuka pintu bukaan setinggi 150 sentimeter, agar tak menimbulkan dampak besar.

Hingga pada hari ini, Sabtu (3/4/2021) pukul 17.05 WITA, elevasi bendungan menurun dan sudah berada di angka 99,77 MDPL. Kendari demikian, angka tersebut masih berada di atas status normal yang ditetapkan, yakni 99.50 MDPL.

Data resmi yang diterima dari grup Whatsapp Siaga Bencana Polres Gowa, yang dihuni oleh sejumlah awak media, aparat kepolisian dan petugas bendungan yang berjaga di lokasi tersebut.

Pihak terkait pun berharap agar elevasi tersebut terus mengalami penurunan agar tak terjadi bencana banjir, yang kerap merendam rumah warga di sekitar Sungai Jeneberang, jika air bukaan di bendungan itu dibuka.

Kasubbag Humas Polres Gowa, AKP Mangatas Tambunan pun mengimbau warga untuk tidak beraktifitas dan menjauhi sungai tersebut. Apalagi saat hujan deras terus mengguyur.

Komentar


VIDEO TERKINI