Jelang Ramadan, Berikut Kelompok Masyarakat yang Diimbau Beribadah di Rumah

Minggu, 4 April 2021 12:28

Ketua Tim Ahli Pengendalian Covid-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin (Foto: Selfi/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ketua Tim Ahli Pengendalian Covid-19 Sulsel, Ridwan Amiruddin mengimbau kepada sejumlah kelompok masyarakat di Sulsel untuk tetap melaksanakan ibadah di rumah.

Beberapa di antaranya, jemaah lansia, anak-anak dan orang yang memiliki komorbid. “Sedang mengalami kondisi kurang prima, sebaiknya ibadah di rumah saja,” kata Ridwan kepada Fajar.co.id, Minggu (4/4/2021).

Selain itu, ia juga mengimbau agar jemaah dapat menggunakan masker dengan benar dan membawa alat salat sendiri.

Tidak hanya itu, ia berharap kegiatan buka puasa bersama, tarawih keliling, sahur bersama, ngabuburit dan kegiatan lain yang sifatnya meningkatkan risiko penularan covid-19 karena kerumunan yang banyak, dapat diminimalisir.

Hal ini, menurutnya, harus menjadi pertimbangan. Karena penurunan Covid-19 di Sulsel masih bersifat semu.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa jumlah kasus aktif semakin menurun sekitar 3-5%, angka kesembuhan di kisaran 96%, hanya indikator positivity rate yang sangat dinamis dan rentang yang lebar dari 5%-20%. Sehingga indikator bahwa telah terkendali covid di Sulsel masih perlu disikapi secara hati-hati.

“Meskipun kasus harian semakin menurun, tentu tetap dibutuhkan kewaspadaan karena dinamika transmisi pada tingkat masyarakat masih berlangsung,” jelasnya. (selfi/sam)

Komentar


VIDEO TERKINI