Moeldoko Cocok Diganti Maruarar Sirait, Pengamat: Pasang Badan untuk Pencapresan Jokowi

Minggu, 4 April 2021 19:22

Maruarar Sirait / Instagram

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Desakan bagi Moeldoko untuk mundur dari jabatan Kepala Staff Kepresidenan kian kencang disuarakan usai hasil kongres luar biasa (KLB) Partai Demokrat, yang menetapkannya sebagai Ketua Umum ditolak mentah-mentah oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM.

Tapi ini hanya sebatas desakan. Belum tentu Mantan Panglima TNI itu mendengarkan.

Hal ini juga masih sebatas spekulasi karena Presiden Jokowi belum tentu membiarkan Moeldoko kehilangan muka kedua kalinya. Gagal merebut Partai Demokrat dan dipecat sebagai KSP.

Namun sekiranya Moeldoko mengundurkan diri dari jabatan KSP, penggantinya akan menjadi hak prerogatif presiden Jokowi. Tetapi sekali lagi ini masih spekulasi.

“Dugaan awalnya adalah Moeldoko adalah perpanjangan tangan dari rezim dalam rangka “testing the water” untuk mengobok-obok Demokrat yang dalam beberapa pantauan lembaga survei elektabilitasnya meningkat tajam,” tutur Sosiolog Universitas Hasanuddin Makassar, Dr. Sawedi Muhammad kepada fajar.co.id, Minggu (4/4/2021).

Hanya saja, dukungan masyarakat terhadap Partai Demokrat sangat kuat sehingga langkah Moeldoko terpaksa dihentikan di tengah jalan.

“Kalaupun KSP diganti, saya kira pertimbangannya didasarkan pada kedekatan personal dengan Presiden, bukan berdasarkan keahlian spesifik atau geopolitik,” tekannya.

Salah satu nama menurut Sawedi Muhammad yang berpeluang menggantikan Moeldoko adalah Maruarar Sirait, kader PDI Perjuangan yang memiliki kedekatan khusus dengan Presiden.

Komentar


VIDEO TERKINI