162 Aset Cagar Budaya Makassar Belum Tercatat, Salah Satunya Stadion Mattoanging

Senin, 5 April 2021 21:26

Stadion Mattoanging sebelum dibongkar. FOTO: ABE BANDOE/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pencatatan aset cagar budaya Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar belum maksimal. Sebanyak 162 aset belum tercatat di Dinas Kebudayaan.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Kebudayaan Kota Makassar Abdul Rahman mengatakan, sulitnya pendataan dan terbatasnya anggaran dianggap menjadi faktor utama lambannya proses penyelamatan.

Menurutnya, pendataan cagar budaya bukanlah perkara mudah, pasalnya beberapa bangunan dilaporkan masuk dalam kepemilikan pribadi sehingga kerap menuai penolakan dari masyarakat.

“Jadi ini tidak sembarang, yang bekerja juga itu sudah ada kualifikasi ahli yang di-SK kan Walikota Makassar. Jadi memang sejak 2017 sampai 2018 itu sudah ada delapan yang berhasil ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya,” katanya, Senin (5/4/2021).

Abdul Rahman menjelaskan bahwa aset cagar budaya tersebut terdiri dari kawasan serta bangunan di mana saat ini tercatat baru delapan aset yang telah mengantongi sertifikat dan tujuh masih menunggu untuk dirampungkan.

“Jadi ada objek cagar budaya yang selama ini didata itu yang ada di BPCB di Provinsi itu masih ada 162 data untuk kota. 162 ini sejak berdiri dari tahun 2017 itu kita melakukan pendataan, memberikan sertifikat dan stempel bahwa ini adalah bangunan cagar budaya,” ujarnya.

Bagikan berita ini:
2
4
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar