Bangun Little Makkah, Pemkot Surabaya Siapkan Rp50 Miliar

Senin, 5 April 2021 20:10

Kawasan wisata religi Sunan Ampel. (Dok. JawaPos)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Rencana pembangunan kawasan Wisata Religi Ampel yang akan dijadikan sebagai Little Makkah sudah menjadi rencana Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sejak 2019.

Hal itu diakui Iman Krestian Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya. Konsep tersebut sudah dibawa dan diangkat sejak Eri menjadi kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya. Bahkan, konsep tersebut sudah matang dan tinggal diluncurkan.

”Konsepnya sudah ada dan sudah lengkap. Tinggal launching. Itu sudah jadi program sejak Pak Eri di Bappeko. Kira-kira pada 2019,” papar Iman pada Senin (5/4).

Iman menjelaskan konsep Little Makkah akan memperluas wilayah terminal. Sehingga, rumah pemotongan hewan (RPH) yang tepat berada di samping terminal akan direlokasi. Rencananya, RPH tersebut dipindahkan ke wilayah Surabaya Barat. ”Tapi belum jelas rencananya di sebelah mana,” ujar Iman.

Wilayah terminal dan RPH, lanjut Iman, akan dikembangkan dan diisi dengan berbagai fasilitas. Selain museum religi, tempat transit juga akan dibangun. Sebab, banyak masyarakat dari luar kota Surabaya yang datang.

Bagikan berita ini:
6
7
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar