Diterjang Angin Kencang, 300 Lebih Bangunan Rusak

Senin, 5 April 2021 11:05

Sejumlah bangunan yang porak poranda diterjang angin kencang di Kabupaten Tanahdatar. (IST)

FAJAR.CO.ID, TANAH DATAR — Lebih dari 300 unit bangunan berupa hunian, maupun fasilitas umum berupa mushala dan masjid serta rumah gadang rusak diterjang angin kencang di Tanahdatar beberapa hari terakhir.

Bangunan yang rusak umumnya rumah warga akibatkan tertimpa pohon tumbang yang diterjang angin kencang, dan terpaan angin yang langsung menghantam atapnya.Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanahdatar, Thamrin mengatakan, data sementara yang didapat pihaknya sudah lebih dari 200 bangunan yang terkena dampak angin kencang.

“Bahkan sudah mencapai 300 unit bangunan rumah yang rusak berat dan ringan, itu hasil tinjauan BPBD bersama pihak terkait pada Minggu (4/4) ini,” ungkap Thamrin, Minggu (4/4) Thamrin berharap kepada warga yang terkena dampak cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari ini untuk melaporkan kepada pemerintah nagari masing-masing agar bisa didata.

“Cuaca seperti ini akan terjadi hingga pertengahan April 2021 ini, kami meminta warga tetap waspada dan mengurangi kegiatan di luar rumah ketika angin kencang,” kata Thamrin.

“Kerusakan lainnya, kami sedang mendata. Termasuk bidang pertanian, ternak dan juga kerugian lain yang ditimbulkan akibat angin kencang ini. Mengenai total kerugian materi juga belum bisa kita prediksi. Alhamdulillah sejauh ini tidak ada korban jiwa, “ tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Tanahdatar Yuhardi meluruskan tentang peranan pemkab dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana angin kencang ini.

Komentar


VIDEO TERKINI