Sambut Tahun Ajaran Baru, Jawa Timur Gencar Vaksinasi Guru

Senin, 5 April 2021 17:06

PERSIAPAN PTM: Sejumlah guru SMP saat menjalani vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Sawah Pulo, Surabaya. (SURYANTO/RADAR SU...

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Pelaksanaan vaksinasi untuk kalangan guru dan tenaga kepedidikan terus digencarkan di Jawa Timur. Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengatakan, saat ini vaksinasi antikorona sudah mencapai 20 persen guru.

Pemprov menargetkan, para tenaga pendidik dan tenaga penunjang kependidikan sudah divaksin dua kali sebelum pembukaan tahun ajaran baru.

“Vaksinasi terhadap guru maupun tenaga pendidik harus menyeluruh karena tingkat kerawanan penyebaran Covid-19 tinggi,” ujar Emil Elestianto Dardak.

Mantan bupati Trenggalek ini menambahkan, meskipun sudah divaksin bukan berarti risiko terpapar Covid-19 akan hilang. Namun, dengan vaksinasi bisa memitigasi kerentanan tersebut. “Nah, siswa yang di bawah 18 tahun memang tidak wajib vaksinasi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Timur, Teguh Sumarno, mendukung upaya pemerintah melalui program vaksinasi masal. Ia mengimbau para guru agar tidak khawatir jika divaksin.

“Vaksinasi guru dan tenaga pendidik adalah langkah konkret pemerintah dalam menyiapkan pembelajaran tatap muka mendatang,” jelasnya.

Teguh menambahkan, vaksinasi terhadap guru merupakan wujud komitmen pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19. Ia sangat setuju guru dan tenaga kependidikan menjadi salah satu sasaran yang diprioritaskan mendapat vaksin.

“Kita harus punya ketahanan diri yang baik supaya tidak menularkan Covid-19 ke siswa,” tuturnya.

Lebih lanjut Teguh menambahkan, meski sudah divaksin, ia berharap agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Komentar


VIDEO TERKINI