Yaqut Cholil Qoumas: Saya Telah Menyatakan bahwa Agama Harus Menjadi Inspirasi

Senin, 5 April 2021 19:10

etua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas-- jawa pos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2021. Kegiatan Rakernas ini mengangkat tema Percepatan Transformasi Layanan Publik, digelar secara luring dan daring mulai dari 5 hingga 7 April 2021.

Membuka Rakernas, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pun meminta seluruh jajarannya untuk memperbaiki niat dan pola pikir dalam melayani publik. Ia mengingatkan perkataannya ketika pertama kali dilantik sebagai Menag, yakni agama sebagai inspirasi.

“Pertama kali saya berada di kementerian ini, saya telah menyatakan bahwa agama harus menjadi inspirasi. Dan Kementerian Agama harus menjadi kementerian yang melayani seluruh agama, bukan hanya Islam saja. Mindset ini harus dimiliki seluruh jajaran Kemenag,” ujar dia, Senin (5/4).

Perubahan pola pikir ini diperlukan untuk mewujudkan mandatori yang dititipkan kepada Kemenag. “Saat saya ditunjuk sebagai Menteri Agama, menjadi pembantu Presiden Joko Widodo, beliau menitipkan beberapa mandatori, antara lain pertama, moderasi beragama dan kedua, perbaikan tata kelola organisasi,” ungkapnya.

Penguatan moderasi beragama, menurut Yaqut tidak hanya menjadi pekerjaan rumah Kemenag, tapi seluruh bangsa Indonesia. Menurut dia, saat ini ada sebagian warga bangsa yang terjebak dalam dua titik ekstrem, kiri dan kanan, liberal dan konservatif.

“Dua titik ini ingin kita satukan dalam ruang yang bernama moderasi beragama. Ini adalah sebuah ikhtiar untuk menjadikan pemahaman dan perilaku keberagamaan kita berada di tengah-tengah. Jadi, tidak ekstrem kiri dan tidak kanan, tidak liberal, dan tidak konservatif,” ujarnya.

Komentar


VIDEO TERKINI