Gus Nadir Usul Ceramah dengan Mengutip Status di Medsos dan Buku Juga Bayar Royalti

Selasa, 6 April 2021 20:34

Gus Nadir (dok. Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Pemerintah resmi mengeluarkan aturan soal royalti bagi musisi. Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan/atau Musik. PP tersebut ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 30 Maret 2021.

Cendekiawan muslim Nadirsyah Hosen atau yang akrab dipanggil Gus Nadir pun memberikan usulan ke pemerintah.

Tak hanya hak cipta lagu atau musik, Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) itu juga mengusulkan agar setiap penggunaan kutipan yang bersumber dari status media sosial baik Twitter atau Facebook dan buku juga dikenakan royalti.

“Usul: mereka yang khutbah dan ceramah dengan mengutip status fb dan twitter atau website dan buku penulis juga harus bayar royalti,” tulis dosen di Universitas Monash itu di akun Twitternya sambil tersenyum, Selasa (6/4/2021).

Diketahui PP 56/2021 tersebut memberikan pelindungan dan kepastian hukum terhadap pencipta, pemegang hak cipta, dan pemilik hak terkait terhadap hak ekonomi atas lagu dan/atau musik serta setiap orang yang melakukan penggunaan secara komersial lagu dan/atau musik dibutuhkan pengaturan mengenai Pengelolaan Royalti Hak Cipta lagu dan/atau musik.

Bagikan berita ini:
10
9
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar