Upaya Pencegahan Bencana, Plt Gubernur akan Canangkan Perda Penebangan Pohon

Selasa, 6 April 2021 19:38

FAJAR.CO.ID, BONE–Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mencanangkan program Gerakan Penghijauan di lingkungan sekolah yang digelar di SMK Negeri 7 Kabupaten Bone pada Selasa (6/4/2021).

Gerakan penghijauan tersebut ditandai dengan penanaman pohon di lingkungan SMK Negeri 7 Kabupaten Bone oleh Plt Gubernur Sulsel dan disaksikan oleh Wakil Bupati Bone Ambo Dalle dan sejumlah Kepala Sekolah SMA dan SMP Sederajat dari Kabupaten Bone dan Kabupaten Sinjai.

Dalam sambutannya, Andi Sudirman menyampaikan keinginannya agar setiap sekolah memberikan lima bibit pohon untuk satu orang siswa untuk ditanam di lingkungan sekolah masing-masing.

“Pencanangan ini saya menginginkan satu siswa bisa tanam 5 minimal pohon, itu batas minimum. Saya juga mau itu diregistrasi, ini pohon siapa. Supaya dia tahu pohonnya sendiri paling tidak kalau sudah dua tahun dipelihara itu sudah besar pohonnya sudah mengakar,” ucapnya.

Menurutnya, ketika pohon sudah besar dan mengakar maka pemerintah akan mencanangkan peraturan daerah baik peraturan bupati maupun peraturan gubernur yang akan mengatur usia dan jenis pohon yang boleh dan tidak boleh ditebang.

Regulasi yang akan dirancang itu, kata Andi Sudirman, untuk menghindari terjadinya penebangan pohon secara liar yang dapat berakibat pada terjadinya bencana alam.

“Pokok persoalan segala kebencanaan adalah masalah penebangan masalah pembukaan lahan,” ujarnya.

Komentar


VIDEO TERKINI