Ustaz Abduh Tuasikal ‘Semprot’ Solmed dan Istri yang Goyang TikTok

Selasa, 6 April 2021 08:10

Ustaz Abduh Tuasikal dan Solmed

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Penceramah Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal ikut menanggapi kontroversi Istri Ustaz Sholeh Mahmoed Nasution alias Ustaz Solmed, April Jasmine yang berjoget TikTok.

Sebagai Istri seorang ustaz, April Jasmine dinilai tidak pantas bergoyang TikTok dan menjadi konsumsi publik. Ustad Abduh Tuasikal mengatakan, pembelaan Solmed yang yang menggunakan bahasa Arab dengan menukil mazhab Syafi’i adalah salah tempat.

“Kenapa kami membahas hal ini: Karena ustaz ini adalah publik figur. la menyampaikan pendapatnya dalam bahasa Arab dengan menukil pendapat dalam madzhab Syafii, tetapi salah penempatan,” jelas Ustad Abduh melalui akun Instagram-nya, dikutip Selasa (6/4).

Ustaz Abduh melanjutkan, Ulama Syafiiyah bolehkan ar-raqshu (menari), tetapi tidak untuk perempuan, apalagi untuk santapan publik. Sehingga joget bagu wanita di untuk menjadi konsumsi publik adalah haram.

“Berjoget atau menarinya seorang wanita di hadapan yang bukan mahram dihukum haram karena godaan wanita begitu dahsyat,” jelas Ustad Abduh.

Kemudian dia melanjutkan, joget juga bisa dihukumi mubah seperti menari dengan alat perang (contoh, yang dilakukan oleh orang Habasyah yang ditonton Aisyah), bisa juga dihukumi makruh seperti bergoyang pada umumnya (asalkan tidak menjatuhkan muru’ah, kewibawaan), dan bisa juga dihukumi haram jika diiringi hal haram atau dilakukan dalam rangka ibadah.

Kemudian, jika ar-raqshu (kita sebut lemah gemulainya) yang dilakukan istri di hadapan suami, hukumnya halal. Hal ini dengan catatan, tidak dilihat oleh orang lain.

Komentar


VIDEO TERKINI