Apindo Harap Penyaluran Kredit Tanpa Agunan ke UMKM Adil dan Merata

Rabu, 7 April 2021 21:24

Ilustrasi UMKM

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah memutuskan akan menaikkan batas plafon kredit usaha rakyat KUR tanpa jaminan. Batas plafon KUR tanpa jaminan yang berlaku saat ini di bawah Rp 50 juta akan dinaikkan hingga Rp100 juta.

Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif DPP Apindo Sulsel, Herman Heizer menyampaikan langkah pemerintah menaikkan plafon kredit tersebut sangat tepat.

UMKM menjadi sektor usaha terbesar dan penopang ekonomi yang kuat di masa seperti saat ini. Atensi terhadap UMKM pun juga perlu ditingkatkan.

“Kenaikan plafon ini bentuk keberpihakan. Utamanya yang tanpa agunan tersebut. Banyak sektor ekonomi kreatif mau berusaha dan butuh modal tetapi kendala di agunan,” ucap Herman Heizer di Makassar, Rabu (7/4/2021).

Di sisi lain mantan ketua Hipmi Sulsel ini menegaskan agar pemerintah atau perbankan dapat lebih adil dalam memberikan atau menyalurkan kredit tanpa agunan tersebut.

“Jangan sampai tidak merata. UMKM ini perlu dibimbing agar akses mereka bisa terbuka untuk akses KUR, terutama yang selama ini belum pernah dapat,” tegasnya.

Herman juga mengaku sejumlah UMKM ada yang dari sisi bisnis sudah berkembang dan membutuhkan modal yang besar. Dengan kenaikan plafom kredit tersebut, maka modal yang dimiliki juga menjadi lebih besar.

“Dukungan permodalan jelas sangat dibutukan. Akses dan kemudahannya selalu kita harap dapat terbantu,” imbuhnya.

Komentar


VIDEO TERKINI