Atasi Kolesterol Tinggi, Konsumsi 7 Buah Ini

Rabu, 7 April 2021 11:53

Ilustrasi sayuran dan buah. Foto: Pixabay

FAJAR.CO.ID — Adanya kolesterol dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Namun, kadar kolesterol yang berlebih dapat memicu terganggunya kesehatan dan memicu penyakit seperti aterosklerosis, akumulasi kolesterol, kardiovaskular, hingga plak berbahaya di dinding arteri.

Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi aneka buah seperti yang dilansir dari laman Genpi.co:

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh dan dapat menurunkan kolesterol. Caranya, peras jeruk nipis secukupnya dan tuangkan ke dalam air hangat.

  1. Jambu Biji

Kandungan kalium yang terdapat dalam jambu biji dapat menurunkan kadar kolestero jahat, tekanan darah, serta dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Selain itu, jambu biji dapat melindung jantung terutama dari kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Semangka

Buah ini dikenal kaya akan kandungan air sehingga mampu menghidrasi tubuh dengan baik. Tidak hanya itu, semangka dapat mengatasi kolesterol yang tinggi juga dapat menutrisi dengan baik.

  1. Pisang

Pisang mengandung zat inulin bisa mengurangi kolesterol yang didapat dari konsumsi makanan. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam darah bisa dikendalikan.

5.Apel

Apel yang berisi kandungan pektin merupakan kandungan nutrisi yang dapat membantun menurunkan kolesterol. Pektin menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, kemudian membawanya keluar melalui feses.

Komentar