Jalur Rempah, Jalan Veteran hingga Gemblongan Didaftar ke UNESCO

Rabu, 7 April 2021 20:00

BAGIAN SEJARAH: Jalan Veteran hingga Pahlawan pernah menjadi bagian Jalur Sutera sehingga masuk dalam daftar wilayah yan...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Kota Surabaya memiliki banyak kawasan dengan nilai sejarah yang dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Salah satunya, wilayah yang terbentang mulai dari Jalan Veteran hingga Jalan Pahlawan sampai Gemblongan. Kawasan perniagaan tersebut dijuluki sebagai Pasar Besar.

Pegiat sejarah dari komunitas Begandring Soerabaia Kuncarsono Prasetyo mengatakan, kawasan tersebut digadang-gadang dapat menjadi kawasan yang bermanfaat bagi masyarakat Surabaya jika dikelola dengan baik. Karena itu, kawasan tersebut menjadi jujugan Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid, Selasa (6/4).

Rombongan Dirjen kebudayaan, Pemkot Surabaya, dan berbagai pegiat sejarah berjalan kaki dari kawasan Kembang Jepun, melintasi Jembatan Merah, Jalan Veteran, hingga Tugu Pahlawan di Jalan Pahlawan. Menurut Kuncar, kawasan tersebut telah didaftarkan Kemendikbud sebagai salah satu warisan dunia kepada UNESCO. Usulan sudah didaftarkan ke salah satu badan PBB tersebut sejak akhir tahun lalu.

”Iya, didaftarkan sebagai kawasan dagang yang dulunya juga sebagai jalur rempah. Di Jawa itu ya hanya di Surabaya,” kata Kuncar kemarin (6/4). Dia mengungkapkan, rombongan dari pemerintah pusat tersebut tertegun ketika melintasi Jembatan Merah. Kata dia, bukan karena takjub. Tapi, menyayangkan kawasan itu kurang terawat.

Terlebih, ketika rombongan melintas di depan gedung singa yang saat ini kondisinya kurang terawat. Menurut Kuncar, situasi tersebut adalah realitas. Banyak bangunan lawas di Surabaya Utara yang tidak dikelola secara maksimal.

Komentar


VIDEO TERKINI