Pakai AstraZeneca, 90 Ribu Warga Surabaya Telah Divaksin

Rabu, 7 April 2021 20:43

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Kurang lebih 90 ribu warga tercatat sudah menerima vaksinasi Covid-19 dengan vaksin AstraZeneca. Sebelumnya, Pemkot Surabaya mendapatkan 10 ribu vial vaksin AstraZeneca. Otomatis, kurang 10 ribu orang lagi yang menjadi penerima.

”90 ribu penerima terdiri atas pelayanan publik, pegawai hotel, restoran, dosen, guru, hingga sebagian lansia,” urai Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita pada Rabu (7/4).

Dia menjelaskan, ada perbedaan antara pemberian vaksinasi AstraZeneca dan Sinovac. Lokasi dan tempat harus dibedakan.

”Waktu dan lokasi pemberian vaksin berbeda. Tidak boleh di satu tempat,” terang Febria Rachmanita.

Dua dosis vaksin yang diterima tiap orang harus menggunakan merek yang sama. Sehingga, apabila menggunakan AstraZeneca pada suntikan pertama, suntikan kedua juga menggunakan AstraZeneca.

Sejauh ini, pihaknya tidak menemukan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) kategori berat. ”Beberapa KIPI ringan yang tercatat seperti demam dan pusing,” ujar Febria Rachmanita.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara menjelaskan, total penerima vaksin di Surabaya mencapai 555.646 penerima. Rinciannya, sebanyak 341.067 baru menerima dosis pertama, sedangkan sisanya telah menerima dua dosis.

”Dari total tersebut, terbanyak adalah pelayan publik yang mencapai 160.745 penerima. Mereka prioritas,” tutur Febriadhitya Prajatara.

Menjelang sekolah tatap muka, pihaknya juga menambah percepatan vaksinasi bagi tenaga pendidikan. Hingga saat ini, hampir 30 ribu guru yang sudah menerima vaksin Covid-19.

Bagikan berita ini:
4
7
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar