Uji Keakuratan Deteksi Covid-19, Pemkot Makassar Adu GeNose dengan PCR

Rabu, 7 April 2021 14:18

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny'Pomanto bersama Tim GeNose.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melakukan uji coba keakuratan alat pendeteksi Covid 19, GeNose buatan UGM sebelum resmi digunakan dalam program Makassar Recover, di Tribun Karebosi, Rabu (7/4/2021)

Hasil pemeriksaan GeNose ini bakal diadu dengan swab PCR sebagai protap utama pemeriksaan Covid 19 yang selama ini dipakai pemerintah.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengungkapkan, uji coba ini akan dilakukan untuk 500 orang dahulu. Mereka adalah pegawai yang berada di Balai Kota Makassar.

Danny menjelaskan, mereka akan dibagi dalam dua grup. Setiap grup akan diperiksa menggunakan alat yang berbeda. Yakni GeNose dan PCR.

“Pada saat sebelah kiri kita periksa GeNose, sebelah kanan kita periksa PCR. Kemudian kita balik yang tadi periksa GeNose kita periksa PCR. Dua kali pemeriksaan satu orang,” ujar Danny.

Metode uji coba ini, kata Danny, dilakukan untuk mengetahui seberapa kuat akurasi GeNose. Apalagi sudah ditetapkan sebagai salah satu pilihan testing untuk penerbangan di Indonesia.

“Untuk meyakinkan seluruh masyarakat Makassar makanya kami adakan pengujian ini. Menariknya GeNose itu sangat friendly. Karena tidak perlu dikorek hidung sampai dalam,” terangnya. (ikbal/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI