Kematian akibat TB di Indonesia 98 Ribu Orang per Tahun, Menkes Harap Ini

Kamis, 8 April 2021 18:50

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto/dok: Ricardo.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menghadiri diskusi daring yang digelar oleh Stop TB Partnership Indonesia dengan Tema Dampak Setahun Covid-19 pada tuberkulosis (TBC), Kamis (8/4).

Dalam kesempatan tersebut, Menkes Budi mengapresiasi kegiatan yang dianggapnya sebagai wujud nyata kepedulian dan komitmen dan penanggulangan TBC, meski masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Menteri yang lahir di Bogor itu juga memaparkan situasi kasus TBC di Indonesia.

“Di Indonesia, sekitar 17 persen kasus TB terjadi pada anak di bawah usia 15 tahun. Jumlah kematian akibat TB di Indonesia hingga 98 ribu orang per tahun,” katanya.

Sementara itu, lanjut Budi, jumlah pasien Covid-19 yang terus meningkat berdampak pada penanggulangan penyakit TBC.

“Terjadi penurunan angka notifikasi kasus TB dari 563 ribu pada 2019 menjadi 327 ribu pada 2020 serta penurunan keberhasilan pengobatan dari 83 persen pada tahun 2019 menjadi 82 persen pada 2020 yang lalu,” ujar Budi.

Meski begitu, pria berusia 56 tahun itu mengaku mendukung pencegahan dan pengendalian TBC. Dia juga mengimbau masyarakat Indonesia untuk ikut mendukung hal ini dengan sejumlah upaya.

“Antara lain berperilaku hidup bersih dan sehat dan secara aktif, memerintahkan diri serta keluarga ke fasilitas pelayanan kesehatan atau melalui telemedicine jika menderita batuk, serta mencegah terjadinya penularan TB antara anggota keluarga dengan memberikan imunisasi BCG pada bayi, dan minum obat pencegahan TB sesuai anjuran dokter,” tutur Budi. (jpnn/fajar)

Komentar