Oknum Dispar dan PTSP Makassar Diduga Lakukan Pungli di Rumah Makan

Kamis, 8 April 2021 19:27

ILUSTRASI. Pungli

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pungutan liar (pungli) masih marak terjadi di Kota Makassar. Yang terbaru, oknum Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) diduga melakukan praktek terlarang tersebut.

Kepala Satpol PP Makassar, Iman Hud mengatakan, hal itu diketahui, setelah pemilik rumah makan melaporkan kejadian tersebut kepada pihaknya. Mereka mengaku diminta uang sebesar satu juta untuk mengurus izin.

Padahal, kata Iman untuk mengurus izin terdaftar di Dinas Pariwisata tidak dipungut biaya sepeserpun atau gratis.

“Dari sesi tanya jawab ada pernyataan pengusaha, di antara keberatan dengan adanya oknum diduga dari Dispar dan PTSP yang memungut pungli. Pengurusan dimintai sejumlah uang satu rumah makan Rp1 juta,” ujarnya, Kamis (8/4/2021).

Untuk itu, Ia meminta kepada para pemilik rumah makan yang dimintai pungutan agar melapor. Sehingga pihak Satpol PP juga mengambil tindakan.

“Makanya yang berbicara melapor ke satpol dan kita panggil diduga untuk memberikan klarifikasi,” terang Iman.

Lanjut Iman, pihaknya telah menyurati Dinas Pariwisata dan DPM PTSP untuk meminta agar yang bersangkutan dapat memberikan klarifikasi.

“Nilainya ratusan juta, karena semua didatangi. Kita Surati PTSP dan Dispar,” jelas Iman.

Iman menyayangkan adanya kejadian seperti ini. Seharusnya pemerintah harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat.

Komentar


VIDEO TERKINI