Pengiriman Bahan Baku Terhambat, Brasil Hentikan Produksi Vaksin Covid-19

Kamis, 8 April 2021 17:22

Ilustrasi vaksin

FAJAR.CO.ID, BRASIL — Lembaga penelitian Butantan Brasil untuk sementara waktu menghentikan produksi vaksin Covid-19 produksi Sinovac. Keputusan itu dilakukan karena adanya penundaan pengiriman bahan mentah atau bahan baku dari Tiongkok.

Pengiriman bahan baku yang disebut bahan IFA (Active Pharmaceutical Input) dijadwalkan tiba di Brasil dari Tiongkok pada Jumat (9/4). Sekarang telah didorong hingga 15 April. Gubernur Sao Paulo Joao Doria memastikan hal itu.

CNN menanyakan tentang laporan penangguhan produksi vaksin Sinovac di Butantan Institute di negara bagian Sao Paulo, pusat penelitian tersebut membantah klaim. Brasil menegaskan bahwa mereka tidak akan memproduksi vaksin baru sampai bahan bakunya tiba.

“Kami tidak menghentikan produksi. Kami sedang menyelesaikan pengemasan bahan yang sebelumnya kami terima. Begitu kami menerima lebih banyak bahan baku, kami dapat melanjutkan proses dan mengirimkan sisa dosis yang terhenti,” beber pihak Butantan.

Meski ada penundaan, itu akan memenuhi tenggat waktu kontrak dengan kementerian kesehatan negara itu Butantan Institute telah mengirimkan 40,7 juta dari 46 juta dosis Covid-19 yang dijanjikan akan diberikan pada 30 April. Institut tersebut mengatakan akan memberikan tambahan 2,5 juta dosis minggu depan. Sehingga mengantisipasi produksi vaksin Covid-19 untuk dilanjutkan sebelum 15 April.

Bahan baku vaksin Covid-19 (IFA) dipasok oleh mitra Butantan, Sinovac Biotech. Penundaan pengiriman disebabkan oleh meningkatnya penggunaan vaksin Tiongkok menurut CNN Brasil. Hingga kini Sinovac Biotech belum menerima tanggapan. (jpg/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI